Jumat, 19 April 2013

Manfaat Konseling Kelompok

            Adhiputra (2011:13) menyatakan bahwa manfaat konseling kelompok yaitu: 1). mampu memperluas populasi layanan, 2). menghemat waktu pelaksanaan, 3). mengajarkan individu untuk selalu komitmen pada aturan, 4). mengajarkan individu untuk hidup dalam suatu lingkungan yang lebih luas, 5). terbuka terhadap perbedaan dan persamaan dirinya dengan orang lain.
         
          Sedangkan menurut Natawidjaja (2009:38) menyatakan manfaat konseling kelompok sebagai berikut : 1). dapat mengemukakan hal-hal yang penting bagi dirinya, 2). memperoleh balikan yang cepat dari anggota kelompok lain dan pimpinan kelompok dalam mengalami suatu kesempatan untuk menguji suatu prilaku baru, 3). meningkatkan kepercayaan diri.

          Berdasarkan kedua pendapat di atas, maka manfaat diberikannya konseling kelompok ini kepada siswa/klien diantaranya : 1) membantu siswa agar berkembang menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, produktif dan berperilaku jujur, 2). membantu siswa untuk memahami diri dan lingkungannya, 3). membantu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya, 4). membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi baik di rumah, sekolah maupun masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar